RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Kualitas Seksual saat Menopause

Bertambahnya usia, maka perilaku seks juga akan berubah. Perubahan seksual pada wanita, khususnya setelah menopause, akan menurunkan tingkat produksi hormon esterogen dan androgen. Ini akan menyebabkan terjadinya beberapa perubahan fisik.

Anda mungkin akan membutuhkan waktu lama atau sulit mengalami ketertarikan secara seksual. Kulit Anda akan lebih sensitif dan gampang teriritasi ketika bergesekan. Hubungan intim mungkin akan menimbulkan sakit, sebab dinding vagina menjadi tipis.

Namun baru-baru ini sebuah studi mengungkap bahwa wanita menopause ternyata memiliki gairah seks lebih tinggi ketimbang mereka yang masih dalam masa subur.

Studi juga mengungkap, aktivitas seksual wanita menopause lebih baik daripada wanita yang masih dalam masa subur. “Ini karena wanita menopause lebih berpengalaman dalam hal bercinta,” tulis hasil penelitian Universitas Sheffield, Inggris, seperti dikutip dari laman Times of India.

Hubungan seksual, bagi wanita menopause, menurut penelitian ini lebih mementingkan kualitas. Ini berbeda dengan masa-sama subur yang lebih banyak dipengaruhi perubahan hormon, sehingga lebih mementingkan kepuasan.

“Dalam penelitian ini kami justru menemukan bahwa beberapa wanita menopause memperlihatkan peningkatan gairah seksual,” kata Dr Sharron Hinchcliff.

Sementara itu, konsultan seks Dr Ferryal Loetan, ASC&T, Sp RM, MKes-MMR mengatakan, wanita yang mengalami menopause biasanya mengalami perubahan hormonal dalam tubuhnya. Artinya, kadar hormon dalam tubuhnya menurun. Akibatnya, si wanita menjadi kering kulitnya dan mudah keriput. Selain itu, vagina juga cenderung kering.

"Kalau tubuh dijaga agar tetap sehat seperti olahraga teratur, bisa membuat hasrat seksual tetap terjaga. Dan sang wanita juga tetap mengalami orgasme," paparnya.

"secara logika sebenarnya wanita menopause lebih tenang saat berhubungan seks, karena tidak akan punya anak lagi. Jadi aktivitas seksual hanya untuk rekreasi," katanya.

Sabar dan saling Pengertian
Namun bagi sebagian besar orang dewasa yang sehat, umur tidak mengurangi kesenangan dan ketertarikan akan seks. Malah kebanyakan orang merasa lebih bebas dalam seks pada tahun-tahun mereka di usia dewasa. Di sisi lain, beberapa pria dan wanita ada pula yang menjadi tidak aktif dalam hal seks.

Ada beberapa perubahan seksual pada pria di atas usia 50 yang mungkin Anda temui. Gairah seks pria sedikit pengaruhnya terhadap usia, kecuali jika menyangkut masalah kesehatan, pengobatan tertentu, atau adanya hubungan yang bermasalah dapat menurunkan gairah seksual.

Pria juga akan lebih membutuhkan waktu untuk ereksi daripada ketika Anda muda. Anda pun bisa menunda ejakulasi lebih lama daripada ketika Anda muda.

Dengan sedikit eksperimen dan kesabaran, Anda bisa mengatur perubahan seksual dan kepuasan seksual Anda dan kebutuhan intimasi. Bicarakanlah dengan pasangan Anda mengenai berbagai kekurangan yang mungkin ada dalam hubungan, sehingga Anda bisa mengatasinya bersama.

Jika ketertarikan seksual Anda mungkin dipengaruhi oleh pengobatan atau masalah kesehatan, mintalah bantuan pada dokter atau pakar kesehatan untuk mengobati hal itu.

Seks secara teratur seringkali membantu mencegah hal ini menjadi lebih parah. Jika pelumas yang berbahan dasar air tidak cukup membantu, berkonsultasilah dengan pakar kesehatan mengenai krim esterogen untuk vagina, yang dapat mengurangi penipisan dan sensitivitas.

Jika Anda ingin mencobanya dengan pasangan, carilah waktu untuk mendapatkan suasana santai dan lakukanlah pemanasan (foreplay). Gunakan pelumas jika vagina mengalami kekeringan atau iritasi, dan itu akan membantu Anda menikmati hubungan seks.

Minum sedikit alkohol mungkin akan membuat Anda merasa santai dan meningkatkan kemampuan merespons Anda, tetapi terlalu banyak alkohol mungkin akan menjadi kebalikannya dan merugikan Anda berdua.

Perubahan gaya hidup juga bisa mempengaruhi wanita untuk lebih kreatif berekspresi menikmati kegiatan seksual bersama pasangan. Hal inilah yang membuat kualitas seksual lebih bermakna.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...