RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Mamasa Tujuan Wisata di Sulawesi Barat

Minggu, 20 Februari 2011.
Mamasa secara lokal tidak kalah kaya dengan daerah tetangganya itu (Tana Toraja-pen) dan Polmas pada sektor potensi seni budaya dan wisatanya. Karena Mamasa secara geografis juga berada pada letak dan posisi strategis yang sama.

Dengan terberntuknya Propinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sangat memberikan peluang dan kesempatan berharga bagi Kabupaten Mamasa untuk mengangkat sektor Pariwisata dan perekonomian. Apalagi mamasa berbatasan langsung dengan Tana Toraja, salah satu daerah tujuan wisata.

Sama halnya dengan kekayaan obyek wisata dan varian lainnya yang terdapat di daerah itu sehingga diyakini akan mampu memajukan kedua sektor tersebut sebagai aset investasi seni dan budaya Mamasa yang kemudian akan disulap menjadi sebuah daerah kebanggaan segitiga emas lintas kabupaten dan propinsi.


Dengan demikian segi positifnya akan lebih banyak karena akan dapa menopang terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Mamasa melalui pajak retribusi pengunjung.

Mamasa secara lokal tidak kalah kaya dengan daerah tetangganya itu (Tana Toraja ) dan Polmas pada sektor potensi seni budaya dan wisatanya. Karena Mamasa secara geografis juga berada pada letak dan posisi strategis yang sama. Sehingga menjadi kebanggaan dan peluang tersendiri bagi daerah penghasil kopi ini untuk mengangkat sektor tersebut sebagai potensi dn sektor andalan ke depan. Terbukti saat ini Mamasa juga tetap menjadi daerah tujuan kunjungan wisata bagi para orang turis maupun lokal.

Hanya saja diakui, salah satu kendala utama selama ini untuk mengembangkan potensi wisata di daerah iu karena faktor sarana transportasi jalan yang masih kurang mendukung. Sehingga menuju ke lokasi dibutuhkan waktu yang agak lama atau terlambat ketempat tujuan. Tapi, soal kekayaan dan keindahan alam terutama objek wisatanya serta seni dan budaya, mamasa juga tidak kalah baik dan indahnya dengan daerah lain yang juga memiliki ciri khusus dan daya tarik tersendiri.

Untuk itu, Pemkab Mamasa selalu mengharapkan bantuan dan perhatian dari Pemprov Sulbar untuk pembenahan segala infrastruktur yang ada. Karena dengan perhatian itu tentunya bisa saling menunjang demi terwujudnya pencepatan perputaran ekonomi dan pembangunan di Kabupaten Mamasa ini. Sehingga Mamasa juga akan dapat menjadi pilar pembangunan di Sulbar yang kebetulan berbatasan langsung bagian utara Tana Toraja sebagai salah satu daerah andalan Sulsel di sektor pariwisata.

Peluang berkembangnya Kabupaten Mamas untuk menjadi sebuah daerah maju dengan tujuan investasi sangat besar. Secara geografis  daerah tersebut memiliki potensi yang luar biasa dan cukup menjanjikan. Sebut saja potensi alam dan sektor lainnya yang saat ini masih butuh sentuhan dan pengelolaan yang baik serta maksimal yang sangat membutuhkan  sentuhan investor dari luar. Segala leading sektor yang ada mestinya betul-betul bisa diberdayakan dan mendapat perhatian serius. Sehingga nantinya dapat memberikan konstribusi PAD terhadap percepatan pembangunan daerah.

Saat ini yang menjadi pusat perhatian pemerintah Kabupaten Mamasa guna menunjang percepatan pembangunan dan kemajuan ekonomi dengan melaksanakan perbaikan jalur transportai. Baik dalam kota maupun antr desa dan kecamatan demi kelancaran roda perekonomian dan pembangunan seluruh sektor. Mamasa dalam waktu singkat ini sudah banyak mengalami kemajuan sebut saja perbaikan jalan dalam kota sudah mulus dengan menggunakan jalan beton.

Mamasa masih sangat banyak yang perlu untuk dibenahi baik sarana maupun prasarana lainnya. Artinya, jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya yang sudah maju, Mamasa lebih diperlukan kerja keras untuk membangun pada seluruh sector. Untuk mengejar ketertinggalan itu. Alasannya, berbagai poteni yang dimiliki daerah itu akan mengikuti perkembangan kabupaten lainnya tersebut

Peran dan partisipasi swasta bersama-sama Pemkab di daerah itu untuk memajukan segala leading sektor yang ada terus mendapatkan perhatian dan prioritas sebagai aset investasi demi terwujudnya Mamasa yang menjadi pintu gerbang pembangunan di wilayah Provinsi Sulbar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...