RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Obyek Wisata Ketambe, Kutacane Aceh

Sabtu, 8 Januari 2011. Posted by: bangpun
Kutacane merupakan sebuah kota di Aceh yang berbatasan langsung dengan tanah Karo, Sumatera Utara. Kutacane merupakan gerbang aceh dari kota Medan. Letak yang sangat strategis untuk pengembangan tujuan wisata alami di Indonesia. Namun akses menuju Kutacane dari kota Medan yang masih kurang bagus (jalanan berlobang disekitaran Karo) membuat daerah ini kurang terekspos di indonesia dan dunia Internasional.

Padahal di kota kecil ini terdapat potensi wisata alam yang sangat menarik untuk dinikmati, daerah tersebut disebut Ketambe oleh warga setempat. Ketambe terletak di kaki gunung Leuser kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. Gunung leuser merupakan salah satu Taman Nasional yang mempunyai hutan tropis dan kaya akan cagar alam hayati dan termasuk Taman Nasional yang terbesar terdapat di Indonesia.


Ketambe berada Kira-kira 20 Km sebelah barat Kutacane. Tempat ini merupakan cagar alam hayati yang dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan besar yang didalam terdapat hewan-hewan tropis yang sebagian merupakan hewan yang dilindungi di dunia. Dipinggirnya mengalir sebuah induk sungai yang diberi nama Sungai Alas yang di ambil dari nama suku yang mendiami daerah tersebut.

Pemandangan alam yang masih alami dan belum tersentuh oleh tangan manusia dapat dijumpai di tampat ini. Tempat ini juga banyak dijadikan sebagai bahan penelitian khususnya di bidang flora dan fauna oleh beberapa lembaga penelitian nasional maupun internasional. Suasana Ketambe yang masih asri dan nyaman, membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara. Ditambah lagi dengan suasana hutan yang lebat dan suara-suara hewan yang hidup di hutan ini menambah keinginan dari turis-turis mancanegara untuk mengunjunginya.
Suasana pegunungan yang curam di sekitar Ketambe juga membuat ketertarikan tersendiri bagi mereka yang hobi mendaki gunung, ditambah dengan keunikan dan sumber daya alam nabati yang melimpah dan belum terjamah oleh tangan manusia yang cocok dijadikan sebagai bahan penelitian.


Selain pemandangan alam yang menggitu menggoda, aliran sungai yang deras juga menambah khas dari tempat ini. Sungai yang berasal dari lereng gunung leuser ini dapat menjadi objek wisata pemandian yang baik karena airnya yang dingin dan jernih membuat wisatawan ketagihan untuk mandi di sungai ini. Bukan hanya turis lokal yang tertarik untuk mandi di sungai ini, turis mancanegara juga banyak berdatangan untuk menikmati pemandian di daerah ini.  Selain dimanfaatkan untuk pemandian, aliran sungai ini juga banyak dijadikan event arung jeram oleh kalangan turis lokal dan asing, karena alirannya yang deras dan berkelok-kelok.

Sungai Alas - Kutacane

Udara yang segar yang berhembus dari hutan dan lereng pegunungan melegakan pernapasan. Suasana di pagi hari dengan suara kicauan burung-burung hutan juga menambah kenyamanan. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melepas kepengatannya dari suasana kota yang bising dan berpolusi.

Ketambe dapat ditempuh melalui transportasi darat. Kira-kira satu jam perjalanan dari Kutacane. Bagi yang ingin bermalam di  ketambe juga disediakan penginapan-penginapan, berupa villa dan bungalow yang nyaman untuk siapa saja yang ingin menginap di tempat tersebut, dengan biaya yang terjangkau.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

jaka sitepu mengatakan...

ada rumah makan gak di sekitaran lokasi bro?

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...