RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Profil Kutacane Kabubaten Aceh Tenggara

Kutacane, Aceh Tenggara
Sabtu, 8 Januari 2011. Posted by: bangpun
Kutacane adalah ibukota Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, Indonesia. Secara geografis, Kabupaten Aceh Tenggara terletak antara 3055'23”–4016'37” LU dan 96043'23‘–98010'32” BT. Di sebelah utara berbatasan dengan dengan Kabupaten Gayo Lues, di sebelah timur dengan Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Aceh Timur, di sebelah selatan dengan Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Aceh Singkil dan Provinsi Sumatera Utara, dan di sebelah barat dengan Kabupaten Aceh Selatan. Kutacane merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dari wilayah Aceh, dapat dicapai lebih kurang 5-6 jam lewat darat melalui Kabupaten Karo dari Medan, Sumatera Utara.


Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) terletak diketinggian 25-1000 meter di atas permukaan laut, berupa daerah perbukitan dan pegunungan. Sebagian kawasannya merupakan daerah suaka alam Taman Nasional Gunung Leuser. Suhu udara berkisar antara 25 sampai 32 Celsius.



Sejak tanggal 10 April 2002 kabupaten ini dimekarkan menjadi Kabupaten Aceh Tenggara dan Kabupaten Gayo Lues berdasarkan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002. Peluang menggali potensi pariwisata dari taman nasional lalu mesti dibagi di antara keduanya. Aceh Tenggara sebagai kabupaten induk tidak terlalu kehilangan peluang untuk menggali potensi alam yang kaya aneka hayati ini. Kutacane merupakan salah satu pintu masuk kawasan taman nasional. Dengan hanya menempuh perjalanan sekitar satu jam dapat ditemui Ketambe, stasiun penelitian flora dan fauna, di pinggir Sungai Alas. Taman Wisata Lawe Gurah memiliki panorama alam, sumber air panas, danau, air terjun, pengamatan satwa dan tumbuhan seperti orang utan, kupu-kupu, dan bunga rafflesia.


Hingga tahun 2010, jumlah penduduk Kabupaten Aceh Tenggara hampir mencapai 200 juta jiwa dengan kepadatan 40 jiwa/km2. Secara administratif, Kabupaten Aceh Tenggara terbagi dalam 16 Kecamatan, 1 Kelurahan. Penyelenggaran pemerintahan saat ini dipimpin oleh bupati Hasanuddin Beruh dan wakilnya Syamsul Bahri. Keenambelas kecamatan yang ada di AGARA adalah: 
  1. Babul Makmur, 
  2. Babul Rahmah,
  3. Babussalam, 
  4. Badar, 
  5. Bambel, 
  6. Bukit Tusam, 
  7. Darul Hasanah, 
  8. Lawe Alas, 
  9. Lawe Bulan, 
  10. Lawe Sigala-gala, 
  11. Semadam, 
  12. Tanoh Alas, 
  13. Ketambe, 
  14. Leuser, 
  15. Lawe Sumur, dan 
  16. Deleng Pokhkison.

Pada dasarnya wilayah Kabupaten Aceh Tenggara kaya akan potensi wisata alam, salah satu diantaranya Taman Nasional Gunung Lauser yang merupakan daerah cagar alam nasional terbesar di Indonesia, didalam terdapat hewan yang dilindungi secara nasional yaitu orang utan. Selain itu terdapat juga sungai Alas yang membelah daerah kutacane, sungai yang berasal dari bawah bukit barisan ini sudah dikenal luas sebagai tempat olah raga “Arung jeram” yang sangat menantang. Setiap tahunnya banyak pendatang baik dari nusantara maupun mancanegara yang coba menikmati arus sungai alas ini. Disamping itu kondisi alam kutacane yang teduh dan asri merupakan sebuah aneka hayati yang sangat menarik untuk dinikmati.

Secara umum ditinjau dari potensi pengembangan ekonomi, wilayah ini termasuk Zona Pertanian. Potensi ekonomi daerah berhawa sejuk ini adalah kopi dan hasil hutan. Dalam bidang Pertambangan, Aceh Tenggara memiliki deposit bahan galian golongan-C yang sangat beragam dan potensial dalam jumlah cadangannya.

Catatan : Mohon maaf seandaine lot info si salah ato kukhang lengkap isi tulis en nde, dan kami siap mekhobah dan apabile lot info ter-update sodakhe kekhi ne nemu ni tambahken be informasi nde melalui email kami (nihcut.math@gmail.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Cyber Agara mengatakan...

mantap nine....
gabung hande pe....
www.forumaceh.com

and kunjungan ke blog ku pe....
http://agaramedia.blogspot.com/

Anonim mengatakan...

nice info.. are there any destination for rafting, guy? would u to help me!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...