RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Keindahan Alam Ambon yang Menakjubkan

Pintu Kota, merupakan salah satu lokasi obyek wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong dan pesiar yang ingin menikmati keindahan alam dan laut. Lokasi wisata ini terletak di Desa Air Louw dan berbatasan langsung dengan Desa Seri, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Tempat ini menyediakan pemandangan alam ciptaan Tuhan yang sangat menakjubkan.

Batu-batu besar dengan tebing karang yang terjal menghiasi tempat yang sangat ramai dikunjungi terutama pada hari libur ini. Lokasi wisata ini memberikan nuansa alam yang sangat indah dengan langsung berhadapan dengan pemandangan Laut Banda, laut yang terdalam di Indonesia.

Ketika memasuki daerah wisata ini, pengunjung akan disambut dengan lambaian nyiur yang banyak terdapat dilokasi itu. Suasana sejuk dan asri juga akan menyambut kedatangan pengunjung yang ingin menikmati suasana alam disana.

Yang disebut dengan Pintu Kota ini verupa batuan karang besar yang terletak di pesisir pantai dengan bagian tengahnya kosong seperti pintu dan berhadapan langsung dengan Laut Banda yang luas. Lokasi yang didominasi dengan batuan karang ini, pada bagian sisinya dapat juga dipergunakan sebagai lokasi berenang.


Pada musim penghujan seperti ini, pemandangan laut yang indah dengan derunya hempasan gelombang menjadi daya tarik tersendiri pengunjung, terutama yang memiliki jiwa petualang. Sehingga terasa belum lengkap bila mengunjungi daerah sekitar semenanjung Nusaniwe ini tanpa singgah menyaksikan keindahan Pintu Kota.

Untuk mencapai lokasi ini, dapat dilakukan dengan menggunakan transportasi umum atau pribadi. Bila menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat menumpang angkutan umum jurusan Air Louw dengan ongkos sekitar tiga ribuan untuk sekali perjalanan. Dengan menggunakan transportasi umum ini Anda dapat berhenti tepat di depan pintu masuk menuju ke lokasi wisata ini.

Namun bila menggunakan transportasi pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat maka Anda dapat langsung masuk ke lokasi wisata ini, karena fasilitas jalan cukup memadai. Untuk memasuki lokasi ini Anda cukup merogoh kocek sekitar seribuan perorang.

Fasilitas pengunjung
Lokasi wisata Pintu Kota menyediakan tempat-tempat berteduh (shelter) yang khusus dibangun bagi pengunjung yang datang ke lokasi. Sedikitnya ada delapan unit shelter yang dibangun di tempat ini. Shelter-shelter ini dibangun secara swadaya oleh unit-unit dari sektor di Jemaat GPM Bethesda Air Louw yang mengelola lokasi wisata itu. Shelter yang dibangun ini berlokasi pada dataran atas perbukitan, sehingga sangat strategis bagi para pengunjung yang duduk santai sambil menikmati indahnya Lautan Banda.

di lokasi ini juga Anda dapat menikmati makanan ringan yang dijajakan oleh masyarakat sekitar, rujak dan gorengan merupakan makanan andalan yang disediakan guna memenuhi kebutuhan pengunjung dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Obyek wisata alam Pintu Kota cukup dikenal masyarakat di Ambon. Pada saat-saat liburan, tempat ini merupakan salah satu tujuan favorit bagi masyarakat Kota Ambon. Dengan makin meningkatnya para pengunjung, seyogyanya dilakukan penambahan fasilitas pendukung di lokasi ini. Lokasi ini masih minim fasilitas penunjang seperti kamar mandi atau WC. Juga lokasi ini belum tertata dengan baik, karena ada bangunan-bangunan lama yang pernah dikelola, namun kini sudah tidak dipergunakan lagi. Selain itu, dilokasi wisata ini pengelolaannya masih bersifat tradisional, sehingga masih perlu untuk dikembangkan lagi.

Namun, masalah ini bukanlah menjadi suatu permasalahan. Pesona fatamorgana dan keindahan laut yang jernih mampu menghipnotis Anda dari kekurangan lokasi ini. Tidak salah bila tujuan liburan musim panas tahun ini Anda manfaatkan untuk melihat surga alam di negeri timur Indonesia ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...