RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Hidup Sederhana Bisa Hentikan Jutaan Kanker

American Institute for Cancer Research (AICR) dan World Cancer Research Fund (WCRF) menyatakan bahwa membuat perubahan gaya hidup menjadi lebih sederhana bisa mencegah sekitar 40% dari kanker payudara di Inggris dan Amerika Serikat, serta puluhan ribu kasus kanker usus, kanker perut, dan kanker prostat.

"Ini menyedihkan bahwa pada 2011 banyak orang-orang meninggal dunia sia-sia karena kanker yang sebenarnya bisa dicegah melalui penjagaan berat badan yang sehat, diet, aktivitas fisik, dan faktor gaya hidup lainnya," kata Martin Wiseman, seorang penasehat medis dan ilmiah WCRF.

Di Cina ada 620.000 kasus, atau 27% dapat dicegah. Juga sekitar 35% atau 340.000 kasus di Amerika Serikat, dan 37% di Inggris. Gaya hidup sehat dapat mencegah 61.000 kasus kanker di Brazil dan 79.000 kasus yang sama di Inggris.

Temuan WCRF ini mendapat dukungan World Health Organization (WHO) yang merekomendasikan olahraga teratur untuk mencegah banyak penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Kanker merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan insiden kematian terus meningkat. Setiap tahun sekitar 12,7 juta orang menemukan diri mereka terjangkit kanker dan 7,6 juta orang meninggal dunia dari berbagai jenis penyakit. Saat ini diketahui ada sekitar 200 jenis kanker.

Menurut Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC), kanker akan membunuh lebih dari 13,2 juta orang/tahun pada 2030, hampir dua kali lipat jumlah yang tewas pada 2008 - dan sebagian besar kematian akan berada di negara-negara miskin.

Dalam pernyataan terpisah, WHO yang berpusat di Jenewa mengatakan, rendahnya tingkat aktivitas fisik merupakan penyebab utama dari 21%-25% kanker payudara dan usus besar, 27% kasus diabetes dan 30% kasus penyakit jantung di seluruh dunia.

Rachel Thompson, wakil kepala WCRF bidang ilmu pengetahuan mengatakan bahwa, saat ini ada pesan sederhana - tidak merokok, makan makanan yang baik dan berat badan yang sehat dapat membantu mencegah kanker - yang masih sulit untuk dipatuhi.

WHO mengatakan orang dewasa harus lakukan minimal 150 menit olahraga moderat seminggu. Hal ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 30 menit lima kali per minggu, atau dengan bersepeda untuk bekerja setiap hari.

Peter Baldini, kepala World Lung Foundation, juga meminta semua pemerintah untuk memperkenalkan undang-undang bebas rokok dan menaikkan harga rokok.

Tembakau membunuh jutaan perokok setiap tahun, dan kanker paru yang terkait dengan tembakau juga membunuh ratusan ribu orang yang tidak merokok tetapi terpapar asap rokok.

"Tidak ada peluru ajaib untuk menyembuhkan segala jenis kanker. Tetapi kami memiliki kesempatan dan kewajiban untuk sedapat mungkin melindungi orang dari kanker," kata Baldini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...