RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Pulau Menjangan di Buleleng Bali

Rabu, 16 Februari 2011.
Pulau Menjangan salah satu bagian tujuan wisata di Buleleng Bali. Tempat wisata ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) dan berada tepat di ujung barat pulau Dewata.

Jika berkunjung ke pulau ini, Anda dapat menempuh perjalanan darat terlebih dahulu selama tiga jam. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan menggunakana perahu tradisional selama tiga puluh menit. Memang butuh waktu untuk bisa sampai ke pulau kecil ini. Namun perjalanan melelahkan ini seakan terbayar ketika sudah menyaksikan keindahan yang dihadirkan oleh pulau ini dan salah satu keindahan yang ditawarkan oleh pulai ini adalah keindahan bawah lautnya.

Karena keindahan bawah lautnya inilah pulau ini masuk menjadi salah satu laut yang terindah di dunia. Anda bisa buktikan sendiri hal yang satu ini. Aktifitas yang bisa dilakukan selain menikmati keindahan laut dari luar adalah menyelam dengan menikmati keindahan laut dari dalam. Namun untuk bisa sampai ke daerah tempat menyelam ini mesti melakukan penyeberangan tepatnya di Labuhan Lalang, yang berjarak sekitar sepuluh kilometer dari sebelah utara pelabuhan Gilimanuk.


Biaya retribusinya tidak mahal, karena cukup mengeluarkan uang sejumlah Rp. 2.500 per orang. Namun jika ingin menyewa perahu, akan dikenakan biaya sejumlah Rp. 250.000 selama 5 jam. Perahu yang ada bisa mengangkut sekitar 12 orang. Jangan khawatir jika tidak bisa menyelam, karena perahu ini geladak kapalnya dibuat dari kaca sehingga keindahan bawah laut dapat dinikmati dari dalam perahu.

Beragam jenis karang terdapat di pulau ini. Untuk Anda yang ingin melihat indahnya bunga karang bisa melihatnya di sini. Bunga karang dengan warna dan jenis yang beraneka ragam. Jenis karang yang dilindungi oleh pemerintah juga ada, selain itu karang biru dan karang meja bisa disaksikan keindahan nya di pulau Menjangan. Ada yang unik dari nama pulau ini. Sesuai dengan namanya, di pulau ini memang banyak terdapat Menjangan.

Karena itu Anda tidak perlu kaget ketika menikmati keindahan pulai ini, tiba-tiba dihampiri oleh menjangan. Menjangan merupakan hewan yang bertanduk. Dahulu populasi menjangan di daerah ini sangat banyak. Namun akibat perburuan, populasinya berkurang. Tetapi pada saat ini pulau Menjangan masuk ke zona TNBB sebagai langkah melindungi habitat menjangan dari kepunahan.

Untuk Anda yang ingin menyelam namun tidak menguasai medan, jangan khawatir karena bisa menyewa pemandu selam yang pastinya sudah berpengalaman. Snorkeling di pulau ini juga bisa menjadi pilihan lain untuk menikmati panorama bawah laut di Menjangan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...