RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Eksotika Pagoda di Birma

Rabu, 16 Februari 2011.
Birma atau yang secara resmi kini disebut dengan Republik Uni Myanmar, merupakan negara terbesar kedua berdasarkan wilayahnya di Asia Tenggara, yang mana berbatas langsung dengan Republik Rakyat Cina di timur laut, Laos di sebelah timur dan Thailand di sebelah tenggara.

Theravada Buddhisme adalah agama mayoritas (kurang lebih 90 persen) penduduk di negara Myanmar. Karenanya, hampir di seluruh bagian wilayah negara Birma dikelilingi oleh banyak pagoda, biara dan candi. Pagoda adalah bangunan dengan struktur-struktur berbentuk kerucut sebagai monumental yang dibangun untuk mengenang Budha.

Pagoda Shwedagon di Rangoon merupakan salah satu pagoda paling terkenal di negara Birma. Keindahan bangunan ini berasal dari bentuk geometri yang kompleks dan struktur sekitarnya, yang hampir semuanya memantulkan cahaya keemasan. Bangunan stupa yang lebih rendah, dihiasi oleh 8.688 emas batangan padat di bagian atasnya. Ujung stupa terlalu tinggi untuk mata manusia, sehingga tidak dapat terlalu jelas melihat secara rinci 5448 berlian, 2317 rubi, safir dan permata lainnya, 1065 lonceng emas, serta berlian tunggal sebesar 76 karat di bagian paling atasnya.


Kilauan putih dan keemasan di bawah sinar matahari, melambangkan iman yang teguh dari semua penduduk di Myanmar. Seluruh bangunan tersebut, secara gamblang juga memancarkan keagungan, keindahan dan ketenangan.

Selain Shwedagon, pagoda lainnya yang tak kalah terkenalnya adalah Maha Zaydee. Maha Zaydee adalah pagoda yang paling terkenal di Bago, ibukota Kerajaan Myanmar yang kedua. Bangunan ini dibangun oleh Raja Barin Naung pada tahun 1559. Raja Barin menyumbangkan banyak barang berharga milikinya untuk membangun candi ini. Di dalam bangunan tersebut, disimpan sebuah patung Budha yang terbuat dari rubi, zamrud, safir, tembaga, karang, batu merah, kaca dan zirkon. Di sini juga dibangun patung emas ayah, ibu, ibu tiri dan anak dari Budha Gawtama.

Selain kedua pagoda tersebut, sebenarnya masih banyak lagi pagoda-pagoda lainnya yang tak kalah terkenal dan indahnya di negara Myanmar. Pagoda Bagan, Sule, Botahtaung, Shwesandaw, Shwezigon, Kyaiktiyo, Koethaung, dan masih banyak lagi bangunan lainnya yang tersebar di seluruh wilayah ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...