RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Kenali Penyebab Serangan Jantung

Anda tentu masih ingat peristiwa meninggalnya Adjie Massaid, aktor sekaligus anggota DPR itu dikabarkan meninggal karena serangan jantung setelah bermain futsal. dr. Phaidon L Toruan MM, Corporate Health Trainer mengatakan pada dasarnya diperbolehkan main futsal sampai usia berapa saja, asal sesuai dengan kondisi dan menjalankan gaya hidup sehat yang lengkap. Tidak hanya olahraga tapi juga memilih makanan yang sehat. Futsal sangat menyehatkan, dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Hal yang mungkin perlu dipelajari adalah cara-cara menjaga kesehatan dengan sepakbola sebagai bagian dari program olahraga. Banyak mantan pemain sepakbola profesional Indonesia saat ini sudah berusia 50-60 tahun yang masih bermain bola, sesuai kondisi dan bermain dengan gembira.

Sebagai edukator gaya hidup sehat, Phaidon menyarankan setiap orang untuk melakukan langkah preventif. Mengacu pada faktor risiko penyebab serangan jantung, lepas dari konteks Adjie Massaid, maka penyebab utama dari serangan jantung terutama adalah penyumbatan pembuluh darah. Sedangkan faktor risiko penyebab penyumbatan pembuluh darah ada 17, bukan sekedar kolesterol dan trigliserida.

Penyebabnya yaitu: Kadar EPA/DHA darah rendah, Peningkatan C reactive protein, Kelebihan LDL, Kelebihan insulin, Kekurangan HDL, Gula darah tinggi, Kekurangan nitric oxide, Kekurangan vitamin D, Kelebihan estrogen, Kelebihan trigliserida, Kadar hormon free testosteron rendah, kelebihan fibrinogen, Kelebihan honocysteine, Hipertensi, Kekurangan vitamin K, Kelebihan kolesterol, serta LDL yang teroksidasi.

Masih ada beberapa penyebab lain terjadinya serangan jantung yang menyebabkan kematian pada usia muda. Misalnya myocarditis (peradangan pada otot jantung) misalnya yang disebabkan oleh infeksi. Beberapa penyakit lain yang mengganggu proses biolistrik jantung seperti Wolff Parkinson White Syndrome dan Marfan Syndrome.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...