RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Kutacane, sebagai Tujuan Wisata.

Kutacane-Aceh
Kamis, 24 Maret 2011.  
Kutacane adalah ibukota kabupaten Aceh Tenggara yang terletak di Provinsi Aceh, Indonesia. Kutacane merupakan pusat informasi wisata bagi seluruh wisatawan yang berkunjung. Pusat kota berada di kecamatan Babussalam dengan jarak tempuh dari kota Medan Sumatera Utara sekitar 240 km, dan dari kota Banda aceh sekitar 850 km. Perjalanan ke Kutacane dapat ditempuh melalui jalur darat dan jalur udara.

Keindahan Alamnya menjadi pesona tersendiri bagi para penkmatnya. Daerah pegunungan dan langit terlihat tanpa batas memberikan pemandangan yang sangat eksotisme. Di sini, Anda dapat menyaksikan bagaimana awan dan gunung menjadi suatu kesatuan yang memperlihatkan harmoni alam yang menggambarkan betapa indahnya lukisan tangan Sang Pencipta.

Fatamorgana alam tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang berkunjung. Awan putih yang mengelilingi pegunungan bagaikan mahkota salju yang menghiasi dataran hijau yang membentang. Selain keindahan pengunungan Kutacane, di daerah pedalaman Aceh Tenggara terlihat juga keindahan aliran air jernih yang sangat deras di antara pepohonan dan rerumputan hijau. 

Aliran air dan pepohonan di sekitarnya membuat sejenak kita melupakan kepenatan dan kebisingan hiruk pikuk kota besar, karena Anda dapat mendengarkan riakan suara airnya yang menggelitik dan kicauan burung saling bersambutan di telinga dan indahnya pepohonan dan rerumputan hijau yang alami di daerah tersebut. Benar-benar pemandangan yang indah!


Saat ini pengembangan Kutacane menjadi sentral obyek wisata mulai menggeliat. Berbagai tujuan wisata ditawarkan bagi para turis datang ke kota ini. Objek Wisata Ketambe berupa Keindahan Alam dan Air Panas, Air Terjun, Naga Kesiangan, dan beberapa objek wisata lainnya memberikan berbagai nuansa wisata untuk dapat anda nikmatii.

Sungai Alas
Disamping arus deras untuk olahraga arung jeram, sungai Alas juga memiliki pemandian alam dengan kesejukan air pegunungan. Ikan sungai yang dapat dinikmati oleh wisatawan adalah jenis ikan jurung, lele, ikan mas, nila, mujair, dan ikan dundung.

Gua Lawe Sikap
Salah satu objek wisata yang cukup menarik di Aceh Tenggara adalah gua kelelawar Lawe Sikap yang terdapat di kecamatan Lawe Alas. Gua ini memiliki daya tarik tersendiri karena terdapat gantungan bebatuan, tumpukan guano dan adanya sumber mata air minum yang bersih. Jarak tempuh dari Kutacane sekitar 5 km dengan waktu tempuh sekitar 25 menit

Taman Nasional Hutan Ketambe
Di dalam hutan ini terdapat ribuan jenis species hewan dan keanekaragaman tumbuh-tumbuhan langka. Di lokasi ketambe juga terdapat pusat penelitian orang hutan. Bagi para wisatawan tersedia guest house Bustanil Arifin. Wisata rafting, hiking dan outbond training sangat tepat dilaksanakan di Ketambe. Jarak tempuh dari pusat Kutacane adalah sekitar 25 km dengan waktu tempuh 40 menit.

Gunung Deleng Pokhisen
Puncak gunung Deleng Pokhisen merupakan tantangan khusus bagi para pecinta alam dan pendaki gunung untuk menaklukkannya. Dari atas puncak gunung terdapat berbagai panorama dan pemandangan yang sangat indah, kemudian juga terdapat dataran yang berfungsi sebagai camping ground.

Air Terjun Lawe Dua
Air Terjun Lawe Dua terdapat di kecamatan bukit tusam. Air terjun ini masih sangat asli dan alami, belum dikelola dan disentuh secara terorganisir sehingga memberikan sebuah daya tarik tersendiri untuk menikmati pemandian alam yang bersumber murni dari air terjun.

Pemandian Alam Pantai Barat
Pemandian Alam Pantai Barat merupakan sarana rekreasi keluarga yang terdapat di sungai Kali Bulan Kecamatan Badar. Pemandian ini sudah dikelola secara profesional dan setiap minggunya memberikan hiburan kepada para pengunjung.

Pemandian Pante Goyang
Air sungai lawe mamas merupakan salah satu tujuan pemandian yang menarik untuk Anda kunjungi. Pemandian ini disebut penduduk setempat sebagai “pante Goyang”. Selain tempat pemandian, pante goyang juga memberikan hiburan ornament tunggal, karena dasar inilah diberi nama pante goyang. Berkumpul bersama teman atau beserta keluarga menikmati irama lagu atau ingin berkaroeke dapat Anda lakukan disini.

Selain itu, pante goyang juga menawarkan santapan kuliner dari ikan jurung bagi para pengunjungnya, ikan jurung telah dibudidayakan pada beberapa kolam disekitar tempat ini. Jadi Anda senantiasa dapat menikmati kesegaran ikan tersebut.

Pemandian Air Panas Uning Sigugur
Pemandian alam air panas Uning Sigugur memberikan suatu daya tarik tersendiri sebab mata air disekitar objek wisata mengeluarkan air panas yang juga memberikan manfaat kesehatan bagi para pengunjung. Mata air ini terdapat di kecamatan Baburahmah. Tingkat suhu air panas mencapai sekitar 80 derajat celcius.

Jika Anda ingin merasakan petualangan di tengah keindahan alam yang memukau, datanglah ke Kutacane. Pengalaman Anda ke Kutacane ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan seumur hidup Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

bang ngah-jakarta mengatakan...

wow!!! pante goyang sambil makan ikan jurung segar.. bisa dicoba jg tuch!!

udin - Medan mengatakan...

Pemandian Air Panas Lawe Ger-ger..
knp g diulas bro..
padahal mantap juga tuch!

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...