RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Wisata Arung Jeram di Sungai Alas, Kutacane

Sungai Alas
Kamis, 24 Maret 2011. 
Potensi Alam yang mempesona dari keindahan gunung leuser merupakan salah satu tujuan wisata local dan asing di Kota bagian Tenggara Aceh ini. Kutacane merupakan sebuah kota di bawah kaki jajaran bukit barisan. Kota yang mirip dengan kuali ini kaya dengan potensi alam sebagai pengembangan tujuan wisata di Indonesia.

Salah satunya adalah wisata arung jeram. Wisata arung jeram di sungai Alas merupakan salah satu tujuan wisata yang menjadi prioritas dalam pengembangan wisata oleh Pemda setempat. Aliran sungai atau kali alas yang bersumber dari gunung leuser menawarkan dan memberikan tantangan tersendiri bagi para penikmatnya.

Arus yang deras dapat menjadi penguji nyali dan menumbuhkan sifat keberanian bagi diri kita.. “Di obyek wisata Ketambe akan dikembangkan wisata air arung jeram, karena dikelilingi Gunung Leuser dan sudah mendunia”. Kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Aceh Tenggara, Muchtar Adjis.

“di lokasi itu juga dilengkapi lokasi jelajah hutan. Sebelumnya, sekitar 10 tahun lalu pascakonflik, wisata ketambe terbengkalai dan turis mancanegara enggan masuk ke Aceh tengggara. Wisata Ketambe telah mendunia, karena itu perlu dibenahi dan dilengkapi berbagai fasilitasnya,” tambahnya.

Dikatakan, tahun depan mereka mulai membenahi wisata Ketambe dengan membuat even arung jeram atau rafting, trekking (jelajah hutan), apalagi saat ini transportasi udara tersedia di Agara dan itu sangat mendukung untuk masuknya wisata asing dan investor.

pembenahan wisata Ketambe itu untuk menarik warga negara asing untuk melihat gunung Leuser. Selain itu tujuan lain dikembangkan wisata di daerah itu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya dari sektor pariwisata.

Ia juga menambahkan, selain mengembangkan wisata, Pemda Kutacane juga telah mengembangkan wisata lokal seperti air panas, waterboom dan kolam renang di Lawe Gerger. Sedangkan di Naga Kesiangan juga dibangun tempat bermain anak-anak. Sedangkan wisata air terjun di Desa Lawe Dua, Kecamatan Bukit Tusam sudah selesai dibangun dan kini sudah bisa dinikmati apabila masyarakat ingin berlibur bersama keluarganya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...