RSS

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Carstensz Pyramid, Gunung Salju-nya Indonesia

Kamis, 27 Januari 2011.
 
Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini kita akan tour ke daerah paling ujung Indonesia Timur, Papua Barat. Di daerah ini terdapat kekayaan alam Indonesia yang patut kita banggakan, Carstenz Pyramid.

Carstensz Pyramid adalah gunung tertinggi di Australia dan Oseania. Ini adalah puncak delapan dalam proyek 7 puncak di 7 mounatins tertinggi di 7 Continets. Carstensz Pyramid terletak di barat Papua (sekarang bernama Provinsi Papua Indonesia). Provinsi ini bahasa Indonesia disebut Irian Jaya sampai dengan tahun 2005. Itu terletak di New Guinea, yang merupakan pulau terbesar kedua di dunia.

Carstensz Pyramid disebut Puncak Jaya oleh beberapa orang, dan Puncak Jaya Kesuma atau hanya Jaya Kesuma oleh orang lain, terletak di sebelah barat dataran tinggi pusat yang disebut Pegunungan Jayawijaya dan Sudirman. Nama gunung ini diambil dari nama penemunya - John Carstensz, yang merupakan laut farer-Belanda. Pada 1623 ia membawa kabar ke Eropa tentang hak gunung salju di khatulistiwa, tapi tidak ada yang percaya padanya. Dia adalah orang Eropa pertama yang melihat Carstensz Pyramid dengan matanya sendiri.

Komunis Indonesia menyebutnya Puncak Jaya (puncak kemenangan), meskipun nama ini milik KTT berbeda yang dianggap tertinggi (Nga Pulu). Namun nama lain untuk Carstensz Pyramid yang juga sering digunakan, adalah Jaya Kesuma. Nama ini digunakan dalam buku yang diterbitkan oleh Mapala University. Namun, hari ini Indonesia menggunakan kedua nama Tersebut  Carstensz Pyramid dan Puncak Jaya.

Tinggi Piramida Carstensz adalah 4884 m (16.023 kaki beberapa sumber mengklaim 16.013 kaki). Namun banyak sumber masih mengklaim puncaknya adalah 5030 meter (16.503 kaki). Peta Navigasi Udara Australia mengutip 16.503 kaki (5030 meter). Namun, pada tahun 1994, dunia mengakui ketinggian Piramida Carstensz dalam panduan dari Verlag mencatat "Ost Indonesien" mempunyai ketinggian 5030 m.

Piramida Carstensz - Puncak Tengah
Carstensz Pyramid - Puncak Jaya (4884 m, 16023 ft), Puncak Mandala (4640m, 15223 ft), dan Puncak Trikora (4730m, 15518 ft), adalah tiga gunung tertinggi dan paling terkenal di barat Papua. Carstensz Pyramid adalah yang tertinggi dari mereka, dan itu milik Snow Mountains (Pegunungan Maoke dalam bahasa lokal). Gunung ini terletak di dataran tinggi barat Jayawijaya pusat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...