RSS

Tajuk Hari ini :

Loading...

Top Artikel Seliante's:

Cari Blog Ini

Memuat...

Wisata Pemandian Potanga

Senin, 14 Maret 2011. 
Di sebelah barat Kota Gorontalo, tepatnya di Kelurahan Pilolodaa Kecamatan Kota Barat terdapat sebuah tujuan wisata permandian yaitu sebuah permandian yang berbentuk bak, oleh penduduk setempat disebut Bak Patonga.

Wisata Alam yang mengandalkan bak pemandian yang bersih dan sejuk dengan menggunakan mata air alami pegunungan yang mengalir dari celah-celah bebatuan ini, merupakan aset wisata pemerintah dan masyarakat Kota Gorontalo. Potanga sendiri berarti simpang yang berasal dari bahasa daerah setempat dan menjadi nama perkampungan di lokasi tersebut, Wisata ini dibangun sejak zaman belanda.

Untuk menuju lokasi wisata Anda dapat menepuhnya dengan menggunakan dua jalan alternatif, dari Bandara Jalaluddin dan dari Pusat Kota Gorontalo. Jarak tempuh terpendek dapat menggunakan jalur akses dari Kota Gorontalo, karena hanya berjarak sekitar 5 km dari pusat kota melalui Jalan Raja Eyato dan Jalan Usman Isa. Bagi pengunjung yang ingin ke lokasi wisata langsung dari Bandara Jalaluddin, dapat menggunakan taksi melalui Jalan Raya Batudaa – Bongomeme dan akan melewati lokasi – lokasi wisata lainnya (Taluhu Barakati, Benteng Otanaha, Dermaga Iluta, dan Makam Keramat Ju Panggola).

Tepat di simpang empat kelurahan pilolodaa (potanga), akan terlihat gapura menuju ke lokasi wisata. Dari gapura masih berjarak lebih kurang 500m ke lokasi wisata dengan jalan yang sedikit menanjak, karena wisata alam bak potanga tepat berada di kaki bukit.

Gapura Wisata Bak Potanga
Wisata Alam Bak Potanga menyediakan keistimewaan tersendiri untuk dinikmati, bila Anda ingin membawa anak-anak, Potanga menyediakan bak pemandian khusus bagi balita. Di pemandian patonga terdapat 3 (tiga) buah kolam pemandian, yaitu kolam untuk kanak – kanak (balita) yang berbentuk setengah lingkaran dengan kedalaman 50cm, kolam untuk anak – anak dengan kedalaman 1 m yang dilengkapi dengan papan peluncur dan kolam khusus orang dewasa dengan kedalaman antara 1,5 m hingga mencapai 3 m.

Sejuknya air di kolam ini karena sumber airnya langsung dari mata air pegunungan yang terus mengalir. Kolam hanya sebagai tempat lewatnya aliran air dan keluar lagi membentuk aliran sungai yang kecil. Selain sebagai tujuan wisata pemandian, patonga juga dilengkapi dengan panggung seni budaya yang langsung menghadap ke kolam pemandian, dan sering di gelar acara – acara resmi serta event – event daerah di tempat ini. Tak jarang masyarakat setempat atau pengunjung dari daerah lain menggunakan lokasi ini sebagai tempat pelaksanaan acara Ulang Tahun, memperingati hari jadi dan lain sebagainya.

Di tempat pemandian ini Anda tidak perlu khawatir bila tidak sempat membawa makanan dari rumah, keistimewaan lainnya dari lokasi wisata terdapat resto dan cafe serta warung – warung makan penduduk setempat dan hiburan gratis di panggung kesenian. Disudut kolam bagian barat terdapat patung kodok yang besar, yang dari mulutnya mengalir dan keluar air menuju kolam yang berasal dari mata air pegunungan.

Diseputaran kolam, dikelilingi payung – payung tempat peristirahatan membentuk bukit – bukit kecil serta ornamen patung. Fasilitas penginapan di lokasi wisata ini belum ada. Alternatif menginap bagi pengunjung / wisatawan bisa didapatkan di pusat Kota Gorontalo.

Jarak tempuh yang pendek dari pusat kota ini menjadikan objek wisata pemandian potanga tidak dilengkapi dengan fasilitas penginapan. Waktu tempuh hanya sekitar 20 menit dari pusat kota dengan biaya angkot atau bentor tiga ribuan perorang. Untuk masuk ke lokasi wisata Anda cukup membeli karcis dengan biaya sekitar lima ribuan perorang. Harga karcis ini sewaktu – waktu dapat berubah sesuai dengan agenda kegiatan yang dilaksanakan di lokasi wisata. 

Bila Anda ingin menikmati keramaian di tempat wisata ini, Anda dapat mengunjungi tempat ini pada hari-hari libur, namun bila Anda ingin menikmati pemandian sepuasnya tanpa keramaian pengunjung maka saya sarankan Anda mengunjungi wisata ini pada waktu lainnya. Selamat menikmati!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...